Warisan Budaya Dunia Yang Batasi Pengunjung Untuk Konservasi

BEM – Pemerintah berencana membatasi jumlah wisatawan yang bisa mendaki Candi Borobudur dengan membuat tarif baru Rp 750 ribu. Rupanya sejumlah bangunan warisan budaya dunia lain sudah lebih dulu melakukannya.

Rencana itu menjadi polemik. Sebab, dengan nominal tersebut maka mendaki Candi Borobudur berpotensi hanya bisa dilakukan orang berduit.

Rencana itu awalnya dikemukakan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy turut menegaskan wacana terebut meskipun dengan mengatakan tarif naik Candi Borobudur masih bisa ditinjau.

“Nanti kalau memang banyak saran, usulan dari berbagai pihak tentang tarif yang ditetapkan itu ya nanti akan kita tinjau lagi. Bagaimana supaya tujuan awal niat mulia dari kita untuk memproteksi, mengkonservasi menjaga keanggunan, keagungan dari nilai peninggalan kita yang sangat tak ternilai harganya itu tetap terjaga, nanti akan kita lihat,” kata Muhadjir.

Muhadjir menyampaikan yang mendasari rencana penetapan tarif mendaki Candi Borobudur sebesar Rp 750 ribu bagi turis lokal dan USD 100 bagi turis asing adalah untuk masalah pelestarian. Menaikkan harga tiket hanya merupakan satu upaya untuk menekan jumlah pengunjung naik candi.

“Upaya untuk memperkecil jumlah pengunjung dalam arti yang naik ke candi maka salah satunya adalah dengan menaikkan tiket itu,” kata dia.

Dikutip dari CNN Indonesia, sejumlah bangunan warisan dunia lebih dulu menerapkan pembatasan jumlah pengunjung. Tujuannya sama-sama untuk menjaga bangunan itu agar tetap lestari.

Tembok Besar China terbentang sepanjang 6 ribu km dengan 10 titik masuk yakni, Mutianyu, Jinshanling, Jiankou, Simatai, Huanghuacheng, Gubeiku, Juyongguan, Huangyaguan, Shanhaiguan, dan Badaling.

Badaling merupakan titik masuk yang paling populer dan terkenal penuh sesak turis baik lokal maupun mancanegara. Namun sejak 2019, pihak berwenang di Badaling menetapkan kuota harian sebanyak 65 ribu pengunjung. Sebelumnya, di tahun 2018, Tembok Besar Badaling dikunjungi lebih dari 9,9 juta wisatawan. Tetapi, distribusi pengunjung tidak seimbang pada saat off season dan peak season, terutama pada saat hari libur. Jumlah pengunjung mencapai 80.000 per hari selama libur nasional. Dengan jumlah pengunjung sebanyak itu staf dibuat kerepotan.

Pembatasan ini terjadi imbas dari pedoman nasional yang rilis pada 2015 dengan menyebut kapasitas optimal untuk berbagai situs wisata China. Tembok Besar Badaling, misal, seharusnya tiap 1 meter persegi hanya untuk satu pengunjung.

Kini, jalur Badaling menerapkan sistem tiket masuk yang mencantumkan nama pengunjung melalui sistem pemesanan online mulai 1 Juni. Ini mirip dengan sistem tiket “nama asli” yang digunakan di Forbidden Palace. Pemesanan tiket otomatis tercantum di dalam paspor atau tanda pengenal bagi turis lokal.

Machu Picchu merupakan kota mistik warisan suku Inca kuno. Kota ini diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sekaligus New 7 Wonder of The World.

Demi melindungi dan menjaga kelestarian bangunan bersejarah di sana, pengunjung dibatasi maksimal sebanyak 4 ribu orang per hari. Situs biasanya dibuka pukul 6 pagi dan turis sudah berjajar antre. Meski diberi batasan lama kunjungan selama 4 jam, pengunjung kerap berbuat sesuka hati.

Kemudian imbas pandemi, situs ditutup pada Maret 2020. Seperti dilansir dari World Nomads, empat bulan pasca penutupan, pihak berwenang Peru memutuskan maksimal jumlah pengunjung sebanyak 2.244 orang per hari saat situs kembali dibuka.

Tiket tidak bisa dibeli di tempat sehingga Anda perlu reservasi beberapa bulan sebelum kunjungan.

Terletak di jantung kota Roma, Italia, Colosseum memang layaknya stadion olahraga di masa kini. Bangunan ini terkenal untuk menonton acara pertarungan ala gladiator.

Meski dulu Colosseum dibangun untuk menampung sebanyak 80 ribu penonton, kini bangunan hanya boleh menampung sebanyak tiga ribu pengunjung sejak 2019. Seperti dikutip dari laman Finding the Universe, situs Warisan Dunia UNESCO ini dibuka setiap hari sepanjang tahun kecuali 25 Desember dan 1 Januari.

Museum Istana atau dikenal sebagai The Forbidden City (Kota Terlarang) di Beijing, China membatasi jumlah pengunjung ‘hanya’ sebanyak 80 ribu orang per hari sejak 2014.

Seperti dilansir dari MapQuest, pembatasan dilakukan karena museum mengalami kelebihan jumlah pengunjung. Pada 2014, Kota Terlarang tercatat sebagai museum yang paling banyak dikunjungi dengan lebih dari 14 juta pengunjung dalam setahun.

Bhutan adalah salah satu negara yang patut masuk daftar negara yang perlu Anda kunjungi. Namun demi menjaga kelestarian kondisi wilayah dan mencegah over tourism, Bhutan menetapkan pembatasan wisatawan rata-rata 140 ribu per tahun.

Wisatawan dari luar Bhutan harus memesan paket liburan dari operator tur berlisensi. Anda pun akan mendapatkan wisata lengkap di Bhutan baik kunjungan ke lanskap wilayah yang masih asri dan budayanya yang kental.

Seychelles merupakan negara kepulauan yang terletak di Samudera Hindia, sekitar 1.100 mil tenggara Somalia. Di sinilah Pangeran William dan Kate Middleton menghabiskan bulan madu dan berbuntut pada pertumbuhan kunjungan turis yang signifikan.

Mulai 2010, pemerintah setempat membatasi jumlah pengunjung sebanyak 200 ribu demi perlindungan lingkungan. Namun ini kurang berhasil sebab pada 2015 tercatat ada sebanyak 250 ribu pengunjung.

Sementara berjuang dengan pembatasan jumlah pengunjung, pemerintah mulai membatasi pembangunan hotel besar demi melindungi usaha kecil yang dikelola penduduk lokal.

You May Also Like

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *